Minggu, 31 Oktober 2010

Cagar Alam Aek Liang Balik

Kawasan Cagar Alam Aek Liang Balik secara administratif pemerintahan terletak di Desa Bandar Manis Kecamatan Kuala Hulu Labuhan Batu. Kawasan Cagar Alam Aek Liang menggunakan route Medan - Aek Kanopan - Bandar Manis sejauh lebih kurang 270 Km dengan waktu tempuh sekitar 7 jam. Selanjutnya dari Bandar Manis ke Kawsan harus berjalan kaki sekitar 4 jam perjalanan.

Cagar Alam Aek Liang Balik merupakan kawasan Cagar Alam terkecil dari semua kawasan cagar alam yang di Propinsi Sumatera Utara yaitu lebih kurang 0,31 Ha. Kawasan ini sebelumnya berstatus sebagai Hutan Lindung Dolok Tombus, dan baru kemudian pada tanggal 22 Nopember 1936 berdasarkan ZB. No. 211 statusnya ditetapkan menjadi kawasan Cagar Alam Aek Liang Balik.

Kawasan ini juga mempunyai nilai sejarah dengan ditemukannya tulisan-tulisan pada dinding batu setinggi lebih kurang 7 meter yang diduga mirip Hyroglyph Mesir. Tulisan-tulisan ini ada persamaannya dengan yang ada di Cagar Alam Batu Ginurit.

FLORA DAN FAUNA

Pada kawasan Cagar Alam Aek Liang Balik vegetasinya sangat rapat terutama semak belukar dan tumbuhan bawah, pohon yang tinggi antara lain jenis Ficus sp, rotan dan liana menjalar menutup rapat dinding batu situs.

Sedangkan satwa didalam kawasan ini tidak menetap dan hanya sebagai tempat mencari makan. Perlu dilakukan penelitian terhadap kawasan ini, karena mengingat kecilnya kawasan ini, apakah masih relevan sebagai kawasan hutan.

Kawasan ini menurut laporan petugas hampir tidak pernah dimonitor, karena letaknya yang terpencil dan berada dalam kawasan masyarakat, sedangkan pos KSDA saat ini berada di Aek Raso (Holiday Resort) agak jauh dari kawasan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini